Mulyadi Lantik Pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pariaman

Kota Pariaman _ Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pariaman, Mulyadi melantik pengurus PMI Kecamatan di Aula Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat (Ex SKB), Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, periode 2023-2028, Rabu (24/5/2023).

“Hari ini, saya melantik pengurus PMI Kecamatan se-Kota Pariaman dimana masing-masing kecamatan ada 7 orang anggota. Saya berharap pengurus PMI Kecamatan bisa bekerjasama membantu PMI Kota Pariaman dalam aksi kemanusiaan ditingkat kecamatan,” sebut Mulyadi yang juga Wakil Ketua II DPRD Kota Pariaman itu.

Keberadaan pengurus PMI Kecamatan, sambung Mulyadi, akan lebih cepat mengetahui akan keluhan dan kebutuhan masyarakat dilapangan.

“Kita tahu bahwa PMI memiliki peran penting di bidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalangmerahan yang meliputi, kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan transfusi darah,” terangnya.

Selain melantik pengurus PMI Kecamatan, juga dilaksanakan pembukaan Orientasi Pengurus PMI Kecamatan, dan Pelatihan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) se Kota Pariaman tahun 2023.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, yang hadir dalam pelantikan menyampaikan bahwa peran PMI dan SIBAT sebagai relawan menjadi garda terdepan dalam menghadapi bencana. Sekaligus mendukung berbagai program yang ada di Kota Pariaman, karena PMI selalu hadir di setiap kegiatan sampai di destinasi wisata di Pariaman.

“Kota Pariaman berada di zona merah atau zona yang paling rentan dengan bencana, karena itu perlu kesiapan kita bersama untuk menyiapkan diri dengan baik mulai dari pra bencana, saat terjadi bencana dan pasca bencana. Salah satunya dengan adanya relawan dari PMI dan SIBAT sebagai kelompok siaga bencana, yang ada di tengah masyarakat,” ujar Genius Umar dalam sambutanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *