DP3AP2KB Gelar Bimtek Dengan Tema Penguatan Jaringan Lembaga Layanan Perlindungan Perempuan

PASAMAN,KABARDAERAH.COM–Bimtek Penguatan Jejaring Lembaga Layanan Perlindungan Perempuan itu digelar guna memperkuat koordinasi, jejaring dan sinergisitas dalam rangka mengoptimalkan upaya perlindungan perempuan dan meningkatkan SDM pengurus atau pendamping dalam pelayanan dan pendampingan korban tindak kekerasan. Serta memberikan informasi tentang upaya dan kebijakan Pemerintah Daerah tentang perlindungan terhadap perempuan.

Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Pasaman yang diwakili oleh, Teddy Martha, S. STP menyampaikan, penguatan koordinasi dan kapasitas jejaring lembaga layanan perempuan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menghadirkan peran pemerintah dalam menjawab tantangan dan permasalahan kekerasan terhadap perempuan.

“Salah satu tantangan terbesar yang menjadi fokus perhatian kita adalah tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, mulai dari KDRT hingga kejahatan seksual yang sudah sangat mengkhawatirkan kita semua,” ungkapnya.

Teddy Martha menambahkan, dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Antar Lembaga Penyedia Layanan Perlindungan Perempuan Kewenangan Provinsi dampak yang diperoleh diharapkan mampu meningkatnya komitmen seluruh elemen terkait dan masyarakat dalam upaya perlindungan perempuan khususnya penanganan dan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan, sehingga menurunnya angka kekerasan terhadap perempuan.

“Untuk itu, mari kita bersinergi sehingga kedepannya kasus kekerasan dapat kita antisipasi dan cegah Bersama,” tambahnya.

Ia berharap, semua pihak dapat berkomitmen dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan perempuan dan anak, mewujudkan jejaring kerja dengan berbagai lembaga pelayanan yang berkualitas di Kabupaten Pasaman.

Selanjutnya, penyampaian materi oleh narasumber Zera Mendoza, M.Psi.psikolog yang juga dosen UPI YPTK Kota Padang.

Peserta Bimtek terdiri dari Walinagari, Ketua P2TP2A, Ketua MUI, Ketua LKAAM, Ketua BAZNAS, Ketua TP.PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Ketua Bundo Kanduang, Ketua IBI, Ketua IDI, Pengelola PUSPAGA, Satgas PPA/PATBM, Ketua LKKS, Peksos, Ikatan Pengusaha Perempuan, Media massa dan Dinas PPA.

Reporter : Yondra

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *