Hentikan Tindakan Kekerasan Seksual, Lisda Hendrajoni Apresiasi Kinerja Polres Pessel

Pessel, KabarDaerah.com – Anggota DPR RI., Lisda Hendrajoni berkunjung ke Markas Komando Kepolisian Resort Pesisir Selatan (Mako Polres Pessel) sekaligus mengapresiasi kinerja Polres Pessel dalam mengungkap berbagai kasus kekerasan seksual yang terjadi diwilayah hukumnya sepanjang tahun 2023 ini, terutama kasus persekusi yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Lisda Hendrajoni menyampaikan, dalam rangka meninjau penanganan kasus kekerasan seksual yang terjadi didaerah itu,.

Kunjungan Lisda Hendrajoni ke Mapolres Pessel disambut baik oleh Kapolres Pessel., AKBP Novianto Taryono diruang kerjanya pada hari Kamis (10/08/23).

Alhasil, dalam kunjungan tersebut Lisda Hendrajoni mengapresiasi tindakan dan gerak cepat dari Polres Pessel sehingga dapat mengungkap kasus kekerasan seksual yang terjadi di Pessel.

“Pihak Kepolisian tidak hanya berhasil dalam pengungkapan kasus, namun juga ikut terlibat dalam trauma healing bagi para korban,” ucap Lisda Hendrajoni.

Anggota Fraksi Nasdem tersebut juga menyampaikan, penerapan Undang-Undang TIndak Pidana Kekerasan Seksual pada sejumlah kasus di Pessel, juga merupakan salah satu langkah yang tepat dalam menekan angka kekerasan seksual, sekaligus memberikan perlindungan bagi para korban.

“Kita meninjau langsung penerapan UU TPKS yang saat ini sudah mulai diterapkan oleh pihak Kepolisian, salah satunya di Polres Pessel ini terkait dengan kasus persekusi yang terjadi beberapa waktu lalu,” ungkap Lisda Hendrajoni.

Keterbatasan personil dan fasilitas penunjang juga tak menjadi penghalang bagi personil Polres Pessel, untuk mengungkap kasus meskipun Pesisir Selatan memiliki wilayah teritorial yang luas yakni 15 Kecamatan dan memanjang dengan jarak tempuh mencapai 5-6 jam.

“Kita juga mengapresiasi kerja keras dari para personil yang berhasil mengungkap puluhan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Pessel, meskipun dengan keterbatasan personil dan fasilitas penunjang bahkan Pesisir Selatan memeiliki karkater wilayah teritorial yang luas dan memanjang,” ujar Anggota DPR Fraksi Nasdem tersebut.

Sementara itu, Kapolres Pessel., AKBP Novianto Taryono mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anggota DPR RI., Lisda Hendrajoni.

AKBP Novianto Taryono menyebut, sebagai pengayom masyarakat sudah menjadi tugas Kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

“Kunjungan sekaligus dukungan moril dari ibu Lisda Hendrajoni, kami dari pihak Kepolisian mengucapkan terima kasih kepada ibu Lisda Hendrajoni,” tutur AKBP Novianto Taryono.

Disamping itu, lanjut AKBP Novianto Taryono, kita juga berharap keterlibatan berbagai pihak dalam menekan angka kekerasan seksual khususnya di Pesisir Selatan.

“Salah satu yang sudah kami lakukan yakni memberikan pendampingan yang sekaligus pemulihan trauma bagi korban kekerasan seksual,” ujar AKBP Novianto Taryono kepada awak media.

Berdasarkan data Laporan Polisi (LP) Polres Pessel, sepanjang tahun 2023 setidaknya terdapat 40 laporan polisi pada Unit Pelayan Perempuan dan Perlindungan anak, 28 diantaranya merupakan kasus kekerasan seksual pada perempuan dan anak.

“Angka ini terbilang cukup tinggi, namun demikian kami terus mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat untuk memberikan rasa aman dan perlindungan khususnya bagi para korban,” terang AKBP Novianto Taryono.

“Pengungkapan kasus yang cepat diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pelaku kekerasan seksual, sekaligus memberikan rasa aman kepada korban dan diiringi dengan pemulihan trauma,” pungkas AKBP Novianto Taryono.

 

Reporter  :  Efrizal

Editor       :  Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *