Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera Tingkat Kota Sawahlunto, Berjalan Lancar Penuh Khidmat

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Upacara pengibaran bendera merah putih pada HUT RI ke-78, tingkat Kota Sawahlunto, berlangsung  di Lapangan Ombilin, pada  Kamis pagi, 17 Agustus 2023 dengan inspektur upacara, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH.

Sementara upacara penurunan bendera, yang berlangsung Kamis sore (17/8) di tempat yang sama, dengan inspektur upacara Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE,  juga berlangsung dengan lancar dan penuh  khidmat.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) berhasil menjalankan tugas mengibarkan dan menurunkan  bendera dengan baik dan lancar.

Walikota Sawahlunto,  Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi,  baik sebagai pelaksana maupun peserta upacara.

“Dengan semangat HUT RI ke-78,  kita terus melaju untuk Indonesia maju, kita bersama-sama meningkatkan kinerja membangun kota dan melayani masyarakat. Sehingga, Sawahlunto berkembang semakin baik,” ungkap Walikota Sawahlunto Deri Asta.

Dalam rangkaian kegiatan  upacara ini, juga diselenggarakan sejumlah penyerahan  Satya Lancana PNS, CSR Bank Nagari dan remisi kepada warga binaan.

Satya Lancana Karya Satya diserahkan kepada tiga orang PNS dari Kemenag Kota Sawahlunto, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Sawahlunto,  Aisyah, Kepala MTs Negeri 1 Sawahlunto, Indra Gani dan guru MTs Negeri 2 Kota Sawahlunto, Mukhlis.

Sementara CSR bidang pendidikan Bank Nagari, senilai Rp 120 juta,  diserahkan oleh Kepala Cabang Bank Nagari Sawahlunto, Rusdi kepada Walikota Sawahlunto, Deri Asta.

Dalam kesempatan ini, juga diserahkan secara simbolis remisi untuk warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Sawahlunto dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus narkotika, Kota Sawahlunto.

Sementara pada upacara penurunan bendera, Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti menyatakan, “alhamdulillah, seperti halnya penaikan bendera tadi,  sekarang untuk penurunan bendera juga lancar dan sukses. Terima kasih kepada anak-anak kita, petugas Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra),  apresiasi kepada seluruh peserta upacara,” ujar  Wawako Zohirin Sayuti.
Sebelum upacara penurunan bendera,  diselenggarakan penyerahan piala dan piagam dari sejumlah lomba di tingkat nasional maupun provinsi dan kota. Seperti, piala dan sertifikat Kota Layak Anak (KLA) kategori utama.

Piagam penghargaan,  kepada sejumlah pihak/instansi yang telah membantu bekerjasama dalam  mendukung pelaksanaan Kota Layak Anak di Kota  Sawahlunto.

Pada kesempatan ini, juga diserahkan piagam penghargaan kepada Camat Teladan Tingkat Kota Sawahlunto Tahun 2023, Camat Barangin, Subandi SH. Penyerahan  piala kepada juara lomba,  Aku Hatinya PKK, Tingkat Kota Sawahlunto.

Dan sekalugus,  pelepasan secara simbolis petugas enumerator untuk Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023. Serta  penyerahan hadiah,  kepada pelajar SD yang menjadi juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyampaikan apresiasi terhadap berbagai prestasi dan  diserahkan secara simbolis piala dan hadiahnya pada upacara penurunan bendera ini.

“Berbagai prestasi ini,  menunjukkan Sawahlunto unggul, memiliki potensi yang tidak kalah dalam meraih prestasi. Sekarang amanah kita adalah,  bagaimana mempertahankan dan meningkatkan itu, dengan semangat terus melaju untuk Indonesia maju,” urai  Wawako Sawahlunto  Zohirin Sayuti nengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *