Indonesia ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark UGG, Lisda Hendrajoni: memperkuat sektor Pariwisata di Tanah Air

 

Jakarta, Kabardaerah.- Anggota Komisi X DPR RI Lisda Hendrajoni, menyambut baik putusan Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris beberapa waktu yang lalu. Pasalnya, berdasarkan putusan tersebut, terdapat empat geopark Indonesia yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

“ Kita menyambut baik keputusan sidang Dewan Eksekutif UNESCO yang menetapkan empat geopark Indonesia sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Keputusan tersebut memiliki arti penting bagi Indonesia, terutama dalam memperkuat sektor pariwisata di Tanah Air,” kata Lisda Hendrajoni.

Lebih Lanjut dijelaskan, Keempat UGG tersebut yakni, Ijen di Jawa Timur. Daya tarik geopark Ijen adalah keunikan pada geologi, biologi, budaya, serta fenomena alam blue fire di kawasan Gunung Ijen.

Selanjutnya geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan yang memiliki lanskap kelas dunia dengan tipe tower karst. Lalu Geopark Merangin adalah terdapat fosil flora Jambi, dan UGG Raja Ampat yang memiliki gugusan kepulauan karst yang diperkirakan sudah berusia sekitar 439 juta tahun.

Untuk itu Lisda menyampaikan, penetapan empat geopark Indonesia sebagai UGG itu harus dikapitalisasi semaksimal mungkin sehingga mendatangkan devisi bagi negara, khsusnya dari sektor pariwisata, sekaligus dapat menjadi “Senjata” dalam perkembangan pariwisata secara nasional untuk kedepannya.

“Untuk mengagas Ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah. Sehingga keputusan ini dapat dijadikan ‘senjata’ dalam mengembangkan pariwisata secara nasional. Tentu saja perlu kerja sama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan geopark tersebut. Perlu peningkatan antara lain saran dan prasarana yang memadai agar semakin memikat wisatawan yang berkunjung.

Lisda menegaskan, demi mencapai Pariwisata yang memikat Indonesia wajib menjaga kelestarian 4 UGG tersebut. karena tidak hanya Indonesia, namun juga menjadi warisan dunia.

“Dengan ditetapkan sebagai UGG, maka mata dunia akan terus mengawasi perawatan dan penjagaan UGG  karena juga sebagai warisan dunia. Oleh karena itu mari bersama-sama kita menjaga dan merawat kelestarian Aset dan keindahan Alam kita yang tercinta ini,” Tutupnya  Lisda Hendrajoni

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *