Pemko Sawahlunto, Bergerak Cepat Atasi Longsor Kolok Mudiak

SAWAHLUNTO-KABARDAERAH.COM.Pemko Sawahlunto, pada Sabtu menjelang siang (4/11)  langsung bergerak, untuk  menanggulangi bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu pagi, di Dusun Tarusan, Desa Kolok Mudiak Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto  yang menyebabkan rusaknya ruas jalan dan satu (1) unit rumah terdampak.
Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto,  Zefnihan bersama BPBD serta  jajajarannya dan Camat Barangin, Subandi  langsung turun ke lokasi bencana untuk  melakukan langkah-langkah penanggulangan.

“Untuk langkah jangka pendek, yang langsung dilakukan hari ini berupa  membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan. Kemudian untuk warga yang saat ini halaman rumahnya terdampak longsor, nanti malam kita bawa mengungsi sebagai antisipasi kalau terjadi longsor susulan. Apa lagi jika nanti malam, turun hujan,” ujar Pj Wali Kota Sawahlunto Zefnihan.

Langkah penanggulangan selanjutnya,  BPBD bersama DPUPR dan sinergi dengan Pemerintah Desa setempat,  diarahkan untuk membangun kembali tembok penahan tebing (dam) yang saat ini kondisinya lebih dari separuh,  sudah rusak diterjang tanah longsor.

“Setelah itu, untuk memastikan keamanan pengguna jalan dan warga sekitar untuk malam nanti kalau turun hujan, kami menghimbau jajaran Satpol PP dan BPBD serta perangkat desa agar nanti ada yang stand by (berjaga-jaga) di lokasi ini,” ungkap Pj Wako  Zefnihan.

Sementara itu, Kepala Desa Kolok Mudiak,  Jufrinaldi menceritakan lokasi terdampak bencana tanah longsor,  di simpang SD Negeri 05 Kolok Mudiak.

“Terjadinya longsor ini sekitar pukul 03.00 WIB tadi pagi. Akibatnya,  selain akses jalan yang sempat terputus, lebih dari separuh pagar dan halaman rumah warga kami atas nama Donny Ikhsan terdampak hancur dibawa turun ke jalan, oleh material tanah longsor,” urai Kades  Jufrinaldi. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *