DPMN Laksanakan Bimtek Sekretaris PKK dan Kader Dasawisma

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Dalam menyikapi berbagai permasalahan sosial isu nasional dan isu strategis daerah yang terjadi saat ini, seperti inflasi, tingginya kasus LGBT, dan tingginya angka stunting.

Kemudian juga permasalahan kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di Kabupaten Sijunjung.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis kepada Sekretaris Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kader Dasawisma se-Kabupaten Sijunjung, yang dilaksanakan di Balairung Kantor Bupati Sijunjung, Muaro Sijunjung, Senin (06/11).

“Sejauh ini gerakan PKK di Kabupaten Sijunjung telah memperlihatkan dampak yang positif sebagai mitra kerja pemerintah kita,” ujar Kadis DPMN Joni Antonius.

Sudah banyak peningkatan dan capaian dari 10 program pokok dalam PKK yang dirasakan oleh Kabupaten Sijunjung saat ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).

“Tujuan kegiatan Bimtek kali ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan semua stakeholder yang terkait dengan PKK dan Dasawisma, baik dalam hal administrasi dan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing stakeholder” jelas Joni.

Dalam sambutan Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung, Endi Nazir, menyampaikan harapan Pemerintah Kabupaten Sijunjung agar kader-kader PKK seperti Posyandu yang saat ini berjumlah 1600 orang dan kader Dasawisma 3119 orang memiliki potensi yang besar untuk aktif mensosialisasikan 10 program pokok PKK tersebut dengan ide-ide kreatif.

“Kader Dasawisma sendiri dapat menjadi ujung tombak dalam mengawali pengumpulan angka stunting di tiap Nagari yang nantinya bisa menjadi data dasar yang akurat dan valid bagi Pemkab,” harap Endi.

“Jika ada masukan terkait program PKK dan Dasawisma, kebetulan sekarang sedang dilakukan penyusunan anggaran Tahun 2024 tolong disampaikan akan coba kita wujudkan,” tambah Endi.

Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Riri Benny Dwifa, menjelaskan, Bimtek kali ini akan berfokus pada pencegahan stunting, dikarenakan saat ini Kabupaten Sijunjung merupakan penyumbang terbesar angka stunting di Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk memberantas angka stunting bukan hanya pekerjaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja, namun juga merupakan tugas kita bersama, baik PKK dan Dasawisma, karena bisa lebih gampang berkomunikasi dengan masyarakat awam dari segi bahasa,” sebut Riri.

Perlu diketahui bahwa 10 Program Pokok PKK terdiri dari, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *