Jelang Perayaan Natal,Polres Pasbar Sterilisasi Sejumlah Gereja

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM- Polres Pasaman Barat bersama personel Sat Brimob Polda Sumbar melakukan sterilisasi sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Pasaman Barat menjelang perayaan Natal tahun 2023, Sabtu (23/12/2023) siang.

“Tentunya sterilisasi ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Polri untuk masyarakat guna mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas yang mungkin saja bisa terjadi,” kata Kapolres Pasaman Barat Agung Basuki melalui Kabag Ops Kompol Muzhendra yang langsung memimpin kegiatan tersebut.

Sebanyak empat gereja telah kami sterilisasi, kata Kompol Muzhendra, yang terdiri dari Gereja hurian Kristen Batak Protestan Jambak, Gereja Paroki Keluarga Kudus Khatolik Mahakarya, Gereja GPIB Majelis Jemaat Effatav Patmos Ophir serta Gereja GPIB Jemaat Effata Sumber Agung Kinali.

Selain Kabag Ops, proses sterilisasi gereja juga dilakukan oleh Kasat Samapta Polres Pasaman Barat AKP Asril, Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, lima orang personel Kompi 3 Batalyon B Sat Brimobda Sumbar, tiga orang personel Sat Samapta serta satu orang personel Sie Propam melakukan sterilisasi gereja mulai dari pintu masuk, perkarangan gereja hingga seluruh isi ruangan.

Tim menggunakan empat unit alat metal detector serta dua buah mirror set, petugas menyisir setiap sudut area gereja untuk dilakukan pemeriksaan, mulai tempat duduk jamaah, altar gereja, pohon Natal, alat musik serta tempat-tempat lainnya.

Melalui sterilisasi ini, Polres Pasaman Barat terus berupaya maksimal untuk memastikan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Natal pada tanggal 25 Desember 2023.

“Kita benar-benar menginginkan umat kristiani yang melakukan Misa Natal maupun ibadah saat Natal merasakan aman, nyaman dan khusyu’. Makanya kami bersama personel Sat Brimob Polda Sumbar mensterilisasi sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Pasaman Barat,” ungkap Kabag Ops.

Adapun hasil pengecekan, ujar Kompol Muzhendra tidak ditemukan barang-barang berbahaya baik itu bahan peledak (handak) maupun barang berbahaya lainnya pada saat proses sterilisasi berlangsung.

Selain itu, Muzhendra menambahkan bahwa pihaknya dalam Operasi Lilin Singgalang 2023 sudah menyiapkan ratusan personel untuk pengamanan baik menjelang dan saat Natal 2023 maupun pada malam perayaan tahun baru 2024.

“Ratusan personel itu nanti akan kita sebar di tiap-tiap gereja. Kebetulan di Kabupaten Pasaman Barat total keseluruhan ada sekitar 22 unit rumah ibadah yang terdiri 17 unit Gereja dan enam unit Kapel,” sebut Kabag Ops.

Sejauh ini lanjutnya, pihaknya masih belum bisa memastikan gereja mana saja yang akan mendapat pengamanan khusus. “Karena secara keseluruhan, kondisi kamtibmas di Kabupaten Pasaman Barat menjelang Natal ini relatif kondusif. Jika memang ada kerawanan, tentunya kita akan melakukan pengaman khusus,” tandasnya.

“Untuk personel yang kita turunkan dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dari jajaran personel Polres Pasaman Barat total ada 100 personel, belum ditambah dengan personel BKO dari Sat Brimobda Polda Sumbar dan dibantu Instansi terkait lainnya yang siap untuk melakukan pengamanan di gereja, pusat-pusat keramaian pada malam pergantian tahun baru nantinya,” ujar Muzhendra.

Kompol Muzhendra mengharapkan dengan adanya pengamanan di gereja-gereja maupun pos pengamanan dan pelayanan dapat memberi keamanan dan kenyamanan bagi umat Nasrani yang akan ibadah maupun bagi masyarakat yang menikmati libur Natal dan Tahun Baru.(H/W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *