Pemkab Sijunjung Gelar Apel Siaga Bencana

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM- Pemkab Sijunjung menggelar Apel Siaga Bencana di Lapangan Sungai Rambutan, Nagari Padang Laweh Selatan, Rabu (01/11).

Apel tersebut digelar dalam rangka antisipasi dampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino.

Dalam arahannya, Endi Nazir, Pj Sekda menegaskan bahwa dampak dari El Nino perlu diwaspadai lantaran dapat memicu kekeringan di wilayah Kabupaten Sijunjung.

Ia menghimbau agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan dan tetap menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.

“Sesuai informasi yang di sampaikan oleh BMKG bahwa saat ini untuk pulau jawa dan sumatera sedang berlangsung kemarau panjang (El Nino) dari bulan juli 2023, termasuk juga di Ranah Lansek Manih,” ujarnya

Selain itu, dikatakannya ada satu potensi bencana lagi yang harus diwaspadai yaitu fenomena La Nina (perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan).

“Fenomena ini akan berdampak kepada bencana hidrometeorologi seperti cuaca panas, curah hujan tinggi, dan angin kencang yang akan mengakibatkan banjir, longsor, dan pohon tumbang,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Endi, pihaknya telah melakukan upaya mitigasi untuk memperkecil dampak yang diakibatkan oleh bencana cuaca ekstrem ini, terutama bahaya dari pohon tumbang yang berada di sepanjang jalan kabupaten, provinsi maupun jalan negara.

“Alhamdulillah saat ini satuan tugas (satgas) mitigasi bencana ekstrem telah dibentuk dengan mengikutsertakan OPD terkait, BUMN yang ada di Sijunjung, seperti PLN dan telkom,” ungkapnya.

Terakhir, Ia juga mengimbau camat dan walinagari agar tetap memantau potensi-potensi bencana yang ada di wilayah kerjanya, agar tidak ada korban jiwa karena kekurangan waspada kita bersama.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama dan kolaborasi kita bersama untuk memperkecil dampak cuaca ekstrem terlaksana dengan maksimal. Sehingga dapat menghindari kerugian materil dan non materil serta yang paling penting yaitu keselamatan masyarakat,” tutupnya. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *