Polres Pasaman Barat Gelar Pengamanan Kampanye Tatap Muka

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM-Personel Polres Pasaman Barat yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Singgalang 2023-2024 menggelar pengamanan Kampanye perdana di Kabupaten Pasaman Barat pada Sabtu (2/12/2023) siang.

Pengamanan pelaksanaan kampanye pertemuan terbatas tersebut dihadiri oleh Caleg DPRD Kabupaten Pasaman Barat dari Partai Ummat nomor urut 1 Dapil I Drs. H. Baharudin R yang berada di Latifa Futsal Jorong Simpang Empat, Nagari Lingkuang Aua Baru, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Kampanye dari partai politik merupakan suatu cara mendapatkan dukungan pemilih, agar partai tersebut memperoleh suara lebih banyak dalam pemilihan, mengkomunikasikan Visi dan Program, Kampanye digunakan untuk menyampaikan visi, misi, dan program partai kepada pemilih, membantu mereka dalam memahami platform politik.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kasi Humas AKP Rosminarti menuturkan, bahwa tujuan dilaksanakannya pengamanan dari Kepolisian saat kampanye partai politik melibatkan beberapa aspek, untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum, Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses demokrasi berlangsung dengan damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

“Dalam pengamanan kampanye kali ini kami menurunkan 45 orang personel Polri baik yang berpakaian dinas maupun personel yang berpakaian sipil yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama kegiatan kampanye digelar,” ungkap Kasi Humas.

Selain itu ucap AKP Rosminarti, kegiatan pengamanan ini juga untuk mencegah terjadinya kriminalitas, seperti penipuan pemilihan, intimidasi, atau gangguan terhadap peserta kampanye, Polisi berperan dalam melindungi hak setiap warga negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa adanya ancaman atau tekanan dari pihak tertentu.

“Dalam pengamanan kampanye kali ini, kami juga berperan untuk menanggulangi potensi kerawanan konflik, dengan kehadiran Polisi, potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok tertentu dapat dihindari, mencegah eskalasi kekerasan yang terjadi selama kampanye berlangsung.

Kasi Humas menjelaskan bahwa penting bagi kami menggelar pengamanan ini yang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman, kehadiran Polisi khususnya personel Polres Pasaman Barat dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi peserta kampanye, calon, dan pemilih sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pesta Demorasi ini.

“Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokrasi dan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, sejuk dan badunsanak,” ujar AKP Rosminarti.

Selain dihadiri personel Polri dari Polres Pasaman Barat, kegiatan pengamanan kampanye yang berakhir pada pukul 15.50 Wib ini juga dihadiri oleh tiga orang Panwascam Pasaman, Panwas Nagari Lingkuang Aua serta 300 orang massa pendukung Partai Ummat. (H/W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *