Ribuan Peserta MTQ Nasional ke-40 Hadiri Acara Pembukaan di GOR Rimbo Tangah

SOLOKSELATAN,KABARDAERAH.COM-Ribuan kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tampak menghadiri pembukaan acara di lapangan GOR Rimbo Tangah, Solok Selatan, Selasa (12/12). Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto beserta Ketua GOW Fitri Risnawanto turut hadir dalam pembukaan MTQ tingkat Sumbar ke-40 yang diikuti oleh 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat itu.

MTQ Nasional ke-40 tingkat Sumbar itu secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. Turut hadir dalam pembukaan MTQ tersebut Wakil Gubernur Audy Joinady, bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota se-Sumbar. Selain itu hadir memberikan semangat kepada 101 kafilah dari Kabupaten Pasaman Barat Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat membuka acara mengatakan bahwa Kafilah se-Sumbar telah bersiap-siap tampil dari awal hingga akhir. Tentunya MTQ tidak hanya sebagai pertemuan seremonial semata, namun sebagai pedoman umat Islam dan petunjuk dalam menghadapi kehidupan.

“Selain kegiatan rutin yang dilakukan. Jauh sebelum makna dari MTQ ini adalah kecintaan kita terhadap Alquran sebagai pedoman hidup,” kata Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinady menjelaskan bahwa tujuan digelarnya MTQ adalah untuk menyemarakkan Alquran di tengah kehidupan masyarakat. Ia berharap MTQ yang digelar mulai dari tingkat nagari hingga nasional RI itu semakin meyemarakan Alquran di kehidupan sehari-hari.

“Sehingga tidak ada lagi warga Sumbar yang tidak bisa membaca Alquran atau buta huruf tentang Alquran,” katanya.

Wakil Bupati Risnawanto meminta agar kafilah Kabupaten Pasaman Barat terus semangat dan memberikan penampilan yang terbaik. Sebanyak 101 kafilah dan oficial Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) didoktrin untuk tetap menjaga nama baik Kabupaten Pasaman Barat.

“Tentunya apa yang ditampilkan nanti itulah kemampuan maksimal yang telah melalui proses latihan selama ini. Terus berusaha dan persembahkan penampilan yang terbaik untuk Kabupaten Pasaman Barat. Tahun sebelumnya Kabupaten Pasaman Barat menduduki peringkat 9 tingkat Sumbar. Harapan kita tentunya lebih meningkat lagi dari tahun sebelum,” harap Risnawanto.

Sebelumnya Kabupaten Pasaman Barat melepas sebanyak 101 orang dengan rincian 45 Kafilah yang akan mengikuti kompetisi dan selebihnya merupakan Pembina dan Pelatih di MTQ Nasional ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 yang di selenggarakan di Kabupaten Solok Selatan.

Bidang lomba yang diikuti dalam MTQ kali ini yaitu Tilawah, Tartil, Tahfiz, MKJ, 500 Hadis tanpa sanad putra dan putri, 100 hadis dengan sanad putra dan putri, Khutbah Jumat dan Azan, Fahmil Quran putra dan putri dan cabang lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *