Wabup Buka Event Strory of Bantang Kuantan River Festival

SIJUNJUNG,KABARDAERAH.COM-
Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt buka acara Lomba Pacu Rakik Batuang Event Story of Batang Kuantan River Festival di Pasir Putih Silokek, Selasa (21/11).

Rangkaian Event Story Of Batang Kuantan River Festival ini bertujuan untuk mengangkat Kembali nilai story/Sejarah Sungai Batang Kuantan yang perkasa, yang bertemakan “Melestarikan Alam Menjaga Peradaban”.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung sekaligus ketua pelaksana event ini, Afrineldi SH, dalam laporannya menyampaikan, Story Of Batang Kuantan River Festival 2023 ini merupakan salah satu rangkaian Event yang di usulkan untuk menjadi Karisma Event Nusantara (KEN) yang didanai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Adapun salah satu tujuan diadakannya Event ini diantaranya untuk lebih mengenalkan Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Unggulan di Sumatera Barat yang kaya akan Geodiversity, Biodiversity dan Culturediversity, mengangkat Kesenian Anak Nagari, mengembangkan dan meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam hal Pembangunan khususnya Pariwisata di Kabupaten Sijunjung,” lanjut Kadis.

“Mengangkat dan Mengembangkan potensi nilai-nilai Sejarah dan kearifan local dikawasan Geopark Ranah Minang Silokek terutama dialiran Batang Kuantang juga merupakan salah tujuan diadakannya event ini,” Kadis menambahkan.

Afrineldi juga menjelaskan, bahwasannya, Rangkaian Acara Event Story Of Batang Kuantan River Festival 2023 ini antara lain, Lomba Fotografi, Lomba Pacu Rakik Batuang, Parade Perahu Hias, Tari massal mendulang ameh dan terakhir lomba melukis Tingkat SD se Kabupaten Sijunjung.

Terakhir Kadis Kadis Parpora Sijunjung menerangkan, Pelaksanaan Event Story Of Batang Kuantan River Festival 2023 dilaksanakan selama 1 hari bertepatan dengan  dengan Jadwal Field Trip Delegasi dari berbagai Daerah, Bappenas, dan tamu lainnya Rakornas Perencanaan Geopark Indonesia 2023.

Sementara itu Wakil Bupati Sijunjung dalam sambutannya sekaligus membuka Event Story Of Batang Kuantan River Festival 2023, mengucapkan Terima kasih dan selamat datang kepada seluruh Delegasi dari berbagai Daerah, Bappenas, dan tamu lainnya diacara Rakornas Perencanaan Geopark Indonesia 2023 di Area Geopark Silokek Ranah Minang.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung sangat mengapresiasi dengan diadakannya event Story Of Batang Kuantan River Festival 2023 ini, dan  menjadi hiburan tradisional tersendiri yang disuguhkan, untuk para tamu Field trip dihari ke 2 Rakornas Perencanaan Geopark Indonesia 2023, mulai dari Pintu gerbang Silokek, mengunjungi Ngalau Basurek, Wall Climbing, dan natinya kita akan menikmati berbagai makanan tradisional disetiap lokasi yang akan bapak/ibu kunjungi,” lanjut Wabup.

Wabup Iraddatillah juga berharap dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar Kabupaten Sijunjung, serta dapat menjadi penyemangat kami Masyarakat Sijunjung untuk berbenah untuk lebih baik lagi kedepannya.

Hadir pada kesempatan ini diantaranya Pj. Sekda Sijunjung Drs. Endi Nazir, OPD di Lingkup Pemda Sijunjung, Direktur PDAM, Kacab Bank Nagari Sijunjung, Camat Sijunjung, Walinagari Silokek, Walinagari Durian Gadang, para Delegasi peserta Rakornas, , dan Masyarakat. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *