Babinsa Jati Baru Komunikasi Sosial dengan Pemulung

Padang, KabarDaerah.com – Babinsa Jati Baru., Sertu Ifra Joni Komunikasi Sosial (Komsos) pemulung yang mencari barang bekas didalam kontainer sampah di RT 02, RW 03, Jalan Situjuh, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Danramil 02/Padang Timur., Kapten Inf Harmen melalui Babinsa Jati Baru., Sertu Ifra Joni mengatakan, untuk memberikan kesadaran kepada warga binaannya, agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dengan demikian, pemukiman tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit.

“Hal ini mengingatkan, masih banyaknya masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan,” ucap Sertu Ifra Joni kepada media ini, Sabtu (23/03/24).

Selain itu, lanjut Sertu Ifra Joni, sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan, seorang Babinsa harus dekat dengan warga. Sebab hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian.

“Kedekatan kami dengan masyarakat, akan menambah cepat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” Tegas Sertu Ifra Joni.

Menurut Sertu Ifra Joni, pekerjaan pemulung sering dianggap memiliki konotasi negatif. Pekerjaannya mencari barang bekas, membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung.

“Namun, dengan kehadiran pemulung, lingkungan dapat terbebas dari barang bekas. Apabila dibiarkan bisa menjadi sampah. Mereka juga membantu Pemerintah dalam mengelola sampah,” sebut Sertu Ifra Joni.

Sertu Ifra Joni menambahkan, sebagai aparat Komando kewilayahan, Babinsa dituntut harus mampu melaksanakan Komsos dengan seluruh komponen masyarakat diwilayahnya masing-masing.

“Baik itu Alim Ulama, Pengusaha hingga pelaku kriminal, tak terkecuali Pemulung,” pungkas Sertu Ifra Joni.

 

Reporter  :  Alwis Ray

Editor       :  Ronnald

Penulis: Alwis RayEditor: Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *