Gerak Cepat Pemkab Padang Pariaman Atasi Bencana, Menko PMK RI Apresiasi Kinerja Bupati Suhatri Bur

Padang Pariaman – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy usai melakukan lawatannya di kabupaten Pesisir Selatan bertolak menuju Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Jum’at (15/3/2024).

Menko PMK Muhadjir Effendy langsung disambut Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Ikut dalam rombongan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi, BNPB beserta rombongan, sekira pukul 17 .15 Wib tiba di posko penanganan bencana dan dapur umun Sikucua Laweh Komplek Perumahan Oman Nagari Sikucua Kecamatan V koto Kampung Dalam.

Dalam Arahannya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan, apresiasi atas penanganan bencana yang dilakukan pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan khususnya Kabupaten Padang Pariaman dengan cepat tanggap bersama tim terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan bencana.

“Saya apresiasi pak Bupati Suhatri Bur dan jajaran serta semua pihak yang terlibat langsung dalam proses evakuasi dan penanganan korban bencana baik itu bencana banjir dan Longsor yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman,” Sebutnya.

Kemudian dikatakannya ia juga meminta agar pemerintah daerah Padang Pariaman agar dapat secepatnya melakukan pendataan kebutuhan bantuan yang sifatnya mendesak, serta mendata secara rinci dampak kerusakan yang disebabkan oleh banjir dan longsor yang terjadi pada 7-8 Maret 2024 yang lalu.

“Saya minta kepada pak Bupati beserta jajaran untuk melakukan pendataan dan inventarisasi kebutuhan, menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebagai pengajuan bantuan untuk kemudian ditindak lanjuti di tingkat Kementerian. nantinya, ” Ungkap Muhadjir.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan, rasa terima kasih atas kunjungan Bapak Menko PMK, ke Padang Pariaman.

Kunjungan ini, dalam bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui Menko PMK yang memberikan bantuan dan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.

Mewakili masyarakat Kabupaten Padang Pariaman kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Menko beserta rombongan yang telah hadir langsung melihat duka masyarakat Sumbar khususnya di Padang Pariaman serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir dan longsor

“Semoga bantuan yang diberikan pak menko dapat meringankan beban masyarakat pasca banjir dan longsor di Padang pariaman,” ucap Suhatri Bur

Pada kesempatan itu, Menko PMK Muhajir Effendi menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam kepada korban yang meninggal dunia dan yang terdampak musibah dan bencana yang terjadi di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.

Menko PMK Muhadjir tidak hanya memberikan dukungan moral dan duka cita yang mendalam, tetapi sekaligus menyerahkan bantuan langsung dan santunan uang tunai masing- masing sebanyak Rp 15 juta kepada keluarga korban yang meninggal dunia pada bencana banjir di kabupaten Pesisir selatan, yang merupakan warga Kabupaten Padang Pariaman.

Diketahui dari data sementara, tercatat ada 4 ( empat) warga Padang Pariaman yang meninggal dunia akibat musibah banjir dan longsor yang terjadi Kabupaten Pesisir Selatan, mereka adalah Tasnil (laki laki) 54 tahun, Zahani (perempuan) 54 tahun keduanya warga Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Arief Firman Rianto (laki laki) 25 tahun, warga Kecamatan Sungai Geringging, dan Andra Rahman (laki laki) 23 tahun warga Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau.

Gerak cepat Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dalam penanganan bencana maupun pasca bencana ini, menjadi perhatian serius dari Kemenko PMK, hal tersebut dibuktikan dengan loby dan pendekatan Suhatri Bur yang telah mendatangkan Menteri dan pejabat se-tingkat Menteri ke Kabupaten padang Pariaman,diantaranya,kepala BNPB RI,Mensos RI, dan Menko PMK RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *