Diduga Terlibat Politik Praktis, Seorang ASN di Kabupaten Pesisir Selatan Bantah Jadi Timses Salah Satu Caleg DPR RI

Gambar ilustrasi

Pessel, KabarDaerah.com – Pemerintah bertekad untuk menegakkan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) agar Pemilu/Pemilihan dapat berjalan secara jujur (fair play) dan adil antara calon yang memiliki kekuasaan dengan calon yang tidak memiliki relasi kuasa dilingkungan birokrasi pemerintahan.

Untuk menjamin terjaganya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) / Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pemerintah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) dengan Nomor 2 Tahun 2022, Nomor 800-547 4 Tahun 2022, Nomor 246 Tahun 2022, Nomor 30 Tahun 2022, dan Nomor 1447.1/PM.01/K.1/09/2022 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai ASN dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan.

SKB telah disepakati bersama dan ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)., Abdullah Azwar Anas bersama dengan Menteri Dalam Negeri., Tito Karnavian, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)., Agus Pramusinto serta Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)., Rahmat Bagja di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta pada Kamis, 22 September 2022.

Ironisnya, seorang ASN di Kabupaten Pesisir Selatan (Kab Pessel) diduga mengabaikan SKB yang telah disepakati bersama dan ditandatangani tersebut dengan terlibat politik praktis menjadi Tim Sukses (Timses) salah satu Calon Legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilihan Umum (Pemilu) bulan Februari 2024 lalu.

Salah satu warga Pesisir Selatan (Pessel) yang minta namanya disembunyikan mengatakan, bahwa yang didalam foto tersebut adalah seorang ASN di Kabupaten Pesisir Selatan Pessel.

“Yang paling kanan ASN Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pessel,” ucap salah satu warga kepada media KabarDaerah.com melalui WhatsApp, Senin (08/04/23) pukul 01.44 WIB.

Salah satu warga Pessel ini juga menyampaikan, tamasuak timses Caleg nyo tu, ring 1 nyo (termasuk Timses Caleg nya tu, Ring 1 nya.

Hal ini langsung dibantah oleh seorang ASN yang berinisial R ini kepada media KabarDaerah.com.

“Saya tidak ada Tim Sukses siapapun. Saya kebetulan sama sekolah dengan salah satu Caleg DPR RI ini, itu aja. Jadi dalam hal ini salah terhadap pandangan itu,” ujar seorang R ini kepada media KabarDaerah.com melalui WhatsApp 0822882100xx, Senin (08/04/24) pukul 23.18 WIB.

Seorang ASN R ini menjelaskan, bahwa saya sama sekolah dengan salah satu Caleg DPR RI ini dan kebetulan teman sekolah saya maju, lantas saya dimasukkan ke dalam timses salah satu Caleg DPR RI itu keliru itu.

“Ok pak, terima kasih atas pertanyaannya/konfirmasinya dan saya udah sampaikan juga yang sebenarnya,” pungkas seorang ASN R ini.

 

Penulis  :  Robbie

Editor    :  Ronnald

Penulis: RobbieEditor: Ronnald

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *