Rakor Dinas Pariwisata se-Sumatera Barat, Ditunjuk Kota Wisata Sawahlunto.

Sawahlunto-Pada hari ini, Kamis (16/9) Kota Sawahlunto menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Pariwisata Provinsi, bersama dengan kabupaten/kota se-Sumatera Barat, bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Kota Sawahlunto.

Rakor tersebut, secara resmi dibuka langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Provinsi Sumatera Barat, Novrial dan para Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Wawako Zohirin Sayuti dalam sambutannya sebagai tuan rumah, sekaligus Sawahlunto sebagai Kota Wisata, mengatakan bahwa, “penekanan pada begitu pentingnya melakukan branding dengan promosi bersama berbasis digital bagi setiap destinasi wisata dan perlunya inovasi untuk membangun SDM Pariwisata di setiap Kab/Kota. Harapannya ke depan, akan tumbuh SDM Pariwisata berkualitas yang benar-benar sadar wisata sehingga bisa membangun sektor pariwisata yang lebih baik,” ungkap Wawako.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial menyampaikan bahwa, “dalam perkembangan dengan kondisi saat ini, pariwisata bukan lagi sekedar menawarkan apa yang kita punya, melainkan juga memikirkan apa yang dibutuhkan oleh wisatawan. Dengan kata lain, daerah harus mengembangkan pariwisatanya sesuai dengan kebutuhan pasar, sehingga bisa memberikan kepuasan bagi para wisatawan yang berkunjung,” ujarnya menguraikan.

Lebih lanjut dikatakan, “kita juga harus memikirkan dan menyediakan apa yang mereka butuhkan, bukan hanya sekedar menawarkan apa yang kita punya,” ujar Novrial menambahkan.

Dalam rangkaian kegiatan ini, juga diisi dengan diskusi dan silaturahmi antar stakeholder pariwisata dan pameran berbagai produk UMKM sebagai penunjang pariwisata. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *