UPAYA WARGA KAMPUANG MADANI ANTISIFASI BENCANA BANJIR

Limapuluh Kota, SUMBAR.KABARDAERAH — Minggu, 14 april 2019  warga Kampuang Madani bersama anggota Kodim 0306/50 Kota melaksanakan goro bersama dalam rangka upaya mengatasi banjir.

Kampuang madani yang terletak di Jorong Sarilamak Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota merupakan kampung baru yang berdiri sejak tahun 2012 dgn  berpenguni 300 kk dari berbagai elemen masyarakat yang bekerja diberbagai instansi pemerintah Kabupatenab Limapuluh Kota, TNI-Polri maupun  wiraswasta.

Kegiatan ini merupakan rutinitas yg di programkan warga setiap hari minggu, dalam mengatasi banjir ketika musim hujan di karena kan meluapnya sungai Batang Harau dan Batang Sinipan dengan sumber dana partisifasi warga.

Ketua warga Kampung Madani, Arwinto melalui Kopda Yosep Babinsa Koramil 05/Harau Kodim 0306/50 Kota sebagai koordinator pelaksana  menyampaikan ketika terjadinya banjir di setiap tahunnya air merendam perumahan warga lebih kurang 80 cm sehingga kami mengambil langkah degan upaya yang kami lakukan dalam mengantisifasi banjir ketika musim hujan.

Bersama warga goro bersama sebagai wujud keperdulian tehadap sesama, bahu membahu, berat sama dipikul ringan sama dijinjing guna menciptakan rasa kebersamaan kekompakan antar warga saling tolong menolong dengan memanfaatkan jiwa gontong royong”, jelas Kopda Yosep.

Dalam upaya ini kami menyiapkan 500 m3 tanah timbunan untuk membuat tanggul pembatas jalan utama, membuat 2 unit plat decker sebagai pemecah arus sungai selain itu kami juga mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintahan daerah guna pengedam an jalan dan pengerasan jalan utama serta normalisasi sungai”, tambah Yosep lagi.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Solikhin, S. Sos, M.M pada hari jum’at 12 april 2019 setelah menerima surat tembusan tentang kegiatan warga Kampuang Madani melaluhi Pasiternya Kapten Czi Alseprizal menghadiri kegiatan tersebut dan menyampaikan apresiasi atas kebersamaan warga  yang menanamkan jiwa gonto royong dalam hal ini pihak Kodim 0306/50 Kota siap membantu pengerahan personil TNI untuk membantu serta goro bersama minggu depan.(Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *