BAZNas Kota Sawahlunto Kembali Salurkan Zakat.

Sawahlunto-BAZNas Kota Sawahlunto pada September 2021 Ini, kembali menyalurkan Zakat dengan total tidak kurang dari Rp. 400 Juta, untuk disalurkan kepada 352 orang Mustahiq.

Untuk penyaluran zakat di bulan September 2021, dengan total zakat yang akan disalurkan sebesar Rp. 479.450.000, kepada 352 orang mustahiq, berada di empat (4) Kecamatan di Kota Sawahlunto.

Wali Kota (Wako) Deri Asta SH, pada Rabu (29/9) menghadiri langsung kegiatan tersebut, di Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang. Sementara itu, untuk Kecamatan Talawi telah dilaksanakan pada Selasa kemaren (28/9), sedangkan untuk Kecamatan Barangin, akan dilakukan pada Jum’at besok (1/10).

Penyaluran untuk Kecamatan Lembah Segar, dengan total zakat yang disalurkan Rp. 136.050.000,- untuk 97 orang mustahiq. Untuk Kecamatan Silungkang, dengan total zakat yang disalurkan Rp. 111.100.000,- untuk 90 orang mustahiq.

Sementara itu, untuk Kecamatan Talawi, dengan total zakat Rp. 108.350.000,- untuk 53 orang mustahiq. Untuk Kecamatan Barangin, dengan total zakat Rp. 123.950.000,- dengan peruntukan untuk 112 orang mustahiq.

Ketua BAZNas Kota Sawahlunto, Edrizon Effendi, mengatakan bahwa, pada penyaluran zakat bulan September ini, mustahiq penerima dibagi ke dalam enam (6) kategori.

“Terdapat enam (6) jenis kategori mustahiq dengan peruntukan bantuan biaya pendidikan, modal usaha, jompo/lansia, biaya berobat, bedah rumah dan masuk listrik,” ungkap Edrizon Effendi, saat menyerahan zakat di Kantor Camat Talawi, pada Selasa siang kemaren (28/9).

BAZNas memberi contoh atau perumpamaan, untuk warga di Kecamatan Silungkang, terdapat 17 mustahiq yang berhak memperoleh zakat untuk biaya pendidikan, berikutnya ada 25 mustahiq yang memperoleh zakat untuk biaya modal usaha, terdapat dua (2) orang mustahiq yang memperoleh zakat dengan peruntukan, untuk bedah rumah. Dan sejumlah 42 orang mustahiq, memperoleh zakat untuk biaya hidup jompo/lansia, serta dua (2) orang mustahiq memperoleh zakat untuk biaya berobat dan dua (2) orang mustahiq lainnya, memperoleh zakat untuk biaya masuk listrik.

Menurut BAZNas Sawahlunto, hingga pertengahan 2021, ini telah mengumpulkan zakat mal sejumlah Rp. 3 miliar lebih. “Zakat mal yang telah terkumpul itu kita salurkan, dan sampai Juni 2021 dengan jumlah zakat yang telah disalurkan mencapai Rp. 2,6 miliar,” ujar Edrizon Effendi disela sela kegiatan.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH sesuai jadwal menghadiri langsung, kegiatan penyaluran zakat di seluruh Kecamatan.

Wako Deri Asta mengingatkan, “para mustahiq dapat hendaknya memanfaatkan zakat tersebut sesuai dengan niat dan tujuan dari permohonan. Diingatkan, jangan sampai terjebak, dengan menggunakan zakat untuk membeli berbagai barang, kebutuhan konsumtif,” ungkap Wako Sawahlunto.

Sementara itu, Wako Deri Asta menyatakan, “sinergi dengan BAZNas ini dapat hendaknya kita pertahankan dan ditingkatkan. Hal inilah salah satu dari upaya kita dalam meningkatkan daya manfaat dan daya jangkauan berbagai bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, ” urai Wako Sawahlunto.

“Untuk yang belum terjangkau oleh Pemko, dapat dibantu melalui BAZNas, atau pun yang masih belum sempurna bantuannya dari Pemko maka hal itu dapat disempurnakan melalui zakat dari BAZNas Sawahlunto,” pungkas Wako Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *