Bersama IKTD Bandung, Bupati Eka Putra Tinjau Asrama Mahasiswa Tanah Datar

BANDUNG, KABARDAERAH.COM – Didampingi oleh pengurus Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Bandung, Bupati Eka Putra meninjau asrama mahasiswa yang berasal dari Luhak Nan Tuo, Rabu (12/01/2022) yang terletak di jalan Cisaranteum Kota Bandung.

Rombongan pemkab, juga hadir saat meninjau asrama tersebut, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto, Kepala Dinas Parpora Abdul Hakim, Kepala Baperlitbang Alfian Jamra, Kepala Dinas Perkim LH Desi Trikorina, Kabag Hukum Audia Safitri, Kabag Perekonomian Masni Yuletri, Kabag Pokopim Dedi Tri Widono, Kabag Umum Sofa Nova Budianto, dan Kabag Pemerintahan Abdurrahman Hadi.

Menurut informasi dari Ketua Harian IKTD Bandung Yakub yang didampingi Ketua Yayasan Istana Pagaruyung Yunard dan  Sekretaris Helmi Chaniago, asrama yang diperuntukan bagi mahasiswa Tanah Datar tersebut, didirikan pada tahun 2010 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Eka Putera menyampaikan apresiasi kepada pengurus IKTD Bandung yang telah menemani kunjungan rombongan pemkab untuk meninjau kondisi asrama, dan sekaligus melakukan silahturahmi dengan pemkab Tanah Datar.

“Terimakasih kepada pengurus IKTD Bandung, atas jamuan dan waktunya bersama kami saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung,” ucap Eka Putera.

Didepan para perantau Tanah Datar tersebut, bupati juga tidak lupa memaparkan beberapa program yang telah terlaksana dan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, diantaranya ada program bajak gratis yang rencananya akan di launching pada akhir Januari tahun ini.

“Kenapa harus ada program bajak grati? Hal ini disebabkan karena masih tingginya biaya operasional petani, apalagi saat musim panen harga jual bisa murah dan menyebabkan para petani kita tidak maksimal menikmati hasil produksi hasil pertaniannya. Dan untuk menekan biaya tersebut, pemkab meluncurkan program bajak grtais,” sebut Eka.

Ia juga menerangkan, jika selain program bajak gratis ini, pemkab meluncurkan program yang menyentuh langsung kepada masyarakat, seperti subsidi pupuk, asuransi ternak, juga asuransi padi.

Katanya, salah satu tujuan kunjungan ini selain untuk bersilaturahmi juga untuk meminta dukungan dari perantau, karena peran perantau sangat penting dalam pembangunan baik secara moril maupun secara ekonomi untuk kabupaten Tanah Datar.

“Untuk itu, kami berharap, perantau bisa mendukung penuh program yang dikucurkan oleh pemkab, karena tanpa campur tangan para perantau, mustahil bagi kami untuk mewujudkan apa yang sudah kami canangkan,” tuturnya.

Terkait dengan permintaan dan harapan perantau yang disampaikan oleh Ketua Harian IKTD Bandung, Eka Putra meminta agar pihak IKTD membuat proposal, karena dengan dasar itu pemkab bisa menganggarkan sebuah kebutuhan.

Sementara itu, Ketua Harian IKTD Bandung Yakub, berharap kehadiran bupati Eka Putera dan rombongan bisa membawa berkah bagi seluruh perantau yang tergabung didalam organisasi IKTD Bandung.

“Kami akan siapkan proposal kepada pemkab, terutama dalam membantu melakukan beberapa perbaikan asrama mahasiswa ini yang beberpa titik butuh perbaikan,” tutur Yakub. (Al/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *