Perdana, Poltek KP Pariaman Wisuda 162 Diploma III, 60 Persen Langsung Bekerja

Pariaman — Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Pariaman mewisuda sedikitnya 162 orang diploma tiga tahun ajaran 2021/ 2022 di Aula SUPM Poltek KP Pariaman, Sabtu (27/8/2022).

Wisuda tersebut dihadiri Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan, I Nyoman Radiarta.

Dalam kesempatan itu, I Nyoman Radiarta mengatakan, dia bangga dengan wisudawan dan wisudawati itu karena sebagian besar dari mereka langsung bekerja di perindustrian.

“Saya bangga dengan wisuda ini. Mereka yang berjumlah 162 tersebut merupakan kelulusan perdana untuk diploma 3 di Pariaman dan sebanyak 92 dari mereka langsung bekerja di perindustrian atau sekitar 60 persen,” ungkap I Nyoman Radiarta, usai acara wisuda itu.

Lebih lanjut dikatakannya, sisa dari 92 orang itu ada yang melanjutkan studi ke S1 dan ada juga yang berwirausaha dengan membuka usaha sendiri.

Hal ini itu, sesuai dengan harapan Kementrian Kelautan Perikanan tidak hanya fokus mencetak kelulusan saja, namun juga bisa menyalurkan langsung lulusan yang dihasilkan tersebut terserap di dunia usaha dan industri.

“Saya kira, ini strategi-strategi kedepannya yang akan kita susun di tingkat Kementerian Kelautan Perikanan, sehingga kualitas yang dimiliki oleh masing-masing satuan pendidikan itu terstandarnisasi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, sambung I Nyoman Radiarta, saat ini Kementerian KP telah mempunyai single institute yaitu Ocean Institute of Indonesia yang dilauncing pada awal Agustus 2022.

Single institute itu merupakan formulasi baru kementerian untuk membentuk standarisasi satuan pendidikan kelautan dan perikanan.

“Untuk diketahui ada 21 satuan pendidikan kelautan dan perikanan di bawah naungan Kementerian KP,” sebutnya.

Sementara itu, Harisjon selaku Wakil Koordinator Poltek KP Pariaman mengatakan wisuda perdana itu sebanyak 162 orang dari berbagai jurusan.

“Sebanyak 162 itu terdiri dari lulusan Teknik Budidaya Perikanan 82 orang, Teknik Permesinan Kapal/ Mesin Perikanan 40 orang dan Teknik Penangkapan Ikan 41 orang,” ungkapnya.

“Ini merupakan langkah baik untuk Poltek KP Pariaman. Ke depan Poltek KP Pariaman tidak hanya menyediakan pendidikan profesi diploma tiga saja, namun hingga diploma empat atau D IV setara S1,” jelas Wakil Koordinator Poltek KP itu.

Ia berharap semoga dengan adanya peningkatan diploma tersebut dapat memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa.

Sementara, Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, yang hadir dalam wisuda diploma 3 tahun ajaran 2021/2022 itu menyampaikan selamat kepada segenap keluarga besar civitas akademik, terutama kepada seluruh wisudawan wisudawati Politeknik Kelautan dan Perikanan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *