Bupati Pasaman Barat Buka MTQ Tingkat Kecamatan

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM-Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XII Tingkat Kecamatan Kinali Tahun 2023, resmi dibuka Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, pada Rabu (22/11) di Halaman Kantor Camat setempat. Turut hadir Wabup Risnawanto, Sekda Hendra Putra, Forkopimda Pasbar, Anggota DPRD, Ketua TP-PKK Pasbar, Ketua GOW Pasbar, Kepala OPD, Camat Kinali, Forkopimca Kinali, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan stakeholder terkait lainnya.

Bupati Hamsuardi dalam sambutannya saat membuka MTQ Nasional Ke-XII tingkat Kecamatan Kinali itu, menghimbau kepada wali nagari beserta perangkat untuk mengalokasikan anggaran nagari untuk pelaksanaan kegiatan MTQ maupun kegiatan keagamaan lainnya. Lebih lanjut ia menambahkan, Program Unggulan Pemda Pasbar diantaranya Pasbar Sehat, Cerdas dan Beriman yang membutuhkan dukungan semua pihak.

“Mari dukung program ini, agar apa yang kita impikan menjadikan Pasbar Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur dapat terwujud. Program bagaimana masyarakat kita sehat kita buatkan program berobat gratis melalui UHC, bagaimana masyarakat cerdas melalui pendidikan gratis serta memberikan reward berupa jalan-jalan ke luar negeri, serta Pasbar Beriman semoga dapat kita wujudkan melalui Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran,” terangnya.

Di akhir sambutannya, ia memberi motivasi dan memberi semangat pada khafilah yang akan berlomba pada MTQ ke-XII. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia serta kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya kegiatan itu. Ia juga memohon dukungan dari masyarakat Kinali dan secara bersama menyaksikan lomba berbagai cabang MTQ tersebut.

Sementara Perwakilan Kemenag Pasbar Ronaldi dalam sambutannya mengapresiasi MTQ Kecamatan Kinali. Semaraknya MTQ yang sesuai visi misi Bupati Pasbar itu diharapkan menjadi amal bagi pimpinan dan membawa Pasbar yang beriman dan berakhlak mulia. Ia juga berpesan kepada khafilah, agar semangat menggemakan Alquran.

“Pelaksaan kegiatan ini menurut pandangan kami adalah buah atau dampak dari visi dan misi bupati dalam rangka membumi Alquran di Pasbar dengan program yang menyentuh kehidupan sendi-sendi keagamaan. Mudah-mudahanan menjadi amal ibadah jariyah bagi bupati dan kita semua. Bukan hanya membaca Alquran tetapi juga memahami dan mengimplementasikan dikehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Disamping itu, Camat Kinali Saparuddin mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemda Pasbar. Kegiatan ini lanjutnya, sebagai buah dari pemekaran nagari. Lomba diharapkan dapat menyiarkan gema Islam hingga pelosok nagari agar terwujud Pasbar yang Agamais, Maju dan Sejahtera.

“Mudah-mudahan Pasbar terhindar dari musibah. Kita syiarkan Alquran, berlomba-lomba dalam kebaikan. Kepada khafilah, luruskan niat apapun hasilnya jangan menjadi masalah. Kepada masyarakat, mari syiarkan juga kegiatan ini secara menyeluruh,” ucapnya.

Ketua LPTQ Sudirman dalam laporannya menyebutkan kegiatan itu merupakan bentuk implementasi dan semangat untuk mendukung program unggulan Pemda yaitu Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran sehingga terwujud apa yang dicita-citakan yaitu membumi kan Alquran.

“Utusan khafilah pernagari di Kinali ini adalah sebanyak 30 orang, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 510 orang. Lomba dilaksanakan selama tiga hari, mulai 22 hingga 24 November 2023,” jelasnya.

Di akhir kegiatan pembukaan, Bupati Hamsuardi bersama Wabup Risnawanto dan Kapolres Pasbar AKBP Agung Basuki didampingi Sekda Hendra Putra, Forkopimda Pasbar, Anggota DPRD, Ketua TP-PKK Pasbar, Ketua GOW Pasbar, Kepala OPD, Camat Kinali, Forkopimca Kinali, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan stakeholder terkait memukul Gong tandai dibuka dan dimulainya lomba MTQ Nasional Ke-XII Tingkat Kecamatan Kinali Tahun 2023.(WN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *