Bupati Pasaman Barat Resmikan Pasar Parit Koto Balingka

Pasbar, KabarDaerah.com – Bupati Pasaman Barat (Pasbar)., Hamsuardi didampingi Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Sekretaris, Kabag, Kabid, Camat, Forkompimca Koto Balingka dan stakeholder terkait meresmikan Pasar Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Kab Pasbar), Rabu (31/01/24).

Hamsuardi mengungkapkan, keberadaan pasar merupakan indikator paling nyata kegiatan ekonomi masyarakat. Berkat usaha dan doa bersama, Menteri Perdagangan Republik Indonesia memberikan dana Tugas Pembantuan (TP) dalam membangun Pasar Parit Koto Balingka.

“Sejak menjadi pemimpin Pasbar kita berkoordinasi dengan Ketua KAN beserta ninik mamak untuk merencanakan pembangunan pasar yang modern. Persyaratan utamanya adalah tanah, alhamdulillah tanah ini sudah diserahkan kepada Pemda. Harapan kita, pasar ini sampai selesai sesuai rencana nanti di sini ada lift, ada tempat bermain anak-anak dan sebagainya,” ucap Hamsuardi.

Dalam membangun perekonomian masyarakat Pasbar khususnya Parit, Hamsuardi juga berharap nantinya masyarakat Madina sekitar mengunjungi Pasar Parit sebagai sentral perekonomian.

Sebab akses jalan dari Madina juga rencanaya akan dibuka, sehingga ke depan yang dari Madina, Padang Sidempuan dan sekitar akan melewati Pasbar jika hendak ke Padang maupun ke Jakarta.

Disamping itu, Kepala Dinas Koperindag dan UKM Pasbar., Fahrein menjelaskan, bahwa pembangunan Pasar Parit itu merupakan dana Tugas Pembantuan (TP) dari pemerintah pusat melalui Menteri Perdagangan Republik Indonesia senilai Rp2.559.340.000,-. Dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, Sumbar mendapatkan 4 titik lokasi dan Parit Kecamatan Koto Balingka merupakan salah satunya.

“Pembangunan pasar ini merupakan tugas pembantuan dari bapak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan senilai Rp.2.559.340.000,-. Dibalik sejarah mendapatkan pembangunan pasar ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh bapak bupati beserta jajaran salah satunya menyampaikan aspirasi kepada bapak menteri,” jelas Hamsuardi.

Lebih lanjut, Hamsuardi menambahkan, bahwa pembangunan dimulai mulai pada Juli 2023 dan selesai sesuai target pada Desember 2023. Pasar Parit merupakan pasar semi modern pertama yang terangkum dalam satu bangunan baik jualan basah maupun jualan kering dan kiosnya serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet, mushola dan lain sebagainya. Tersedia 10 kios dan 54 los untuk berbagai kebutuhan sehari hari.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Yurnalis mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemda Pasbar melalui Bupati Pasbar kepada Nagari Parit.

Yurnalis menjelaskan, bahwa ini merupakan suatu amanah oleh pemerintah pusat yang telah memberi anggaran dan mempercayai Parit Kecamatan Koto Balingka untuk membangun pasar semi modern yang harus dijaga secara bersama.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pemekaran nagari yang telah dilakukan,” pungkas Yurnalis.

 

Reporter  :  Wawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *