Pemko Sawahlunto Berikan Pelatihan untuk Tingkatkan SDM Satlinmas


Sawahlunto, KabarDaerah.com Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto sangat mendukung peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), salah satunya melalui pelaksanaan peningkatan pembinaan dan pelatihan Linmas.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Sawahlunto., Jon Hendri mengatakan, seluruh Satlinmas di Kota Sawahlunto akan mengikuti pembinaan dan pelatihan. Untuk pertama kali, dilaksanakan oleh Kecamatan Silungkang.

“Materi yang disampaikan dalam pembinaan dan pelatihan ini, menyangkut tentang kesiapan mental dan fisik Satlinmas dalam menjalankan tugas serta pembahasan berbagai strategi dalam menghadapi masalah keamanan dan ketertiban lingkungan tugasnya. Untuk instruktur, berasal dari jajaran Polsek Muaro Kalaban dan Koramil 04/Muaro Kalaban,” ujar Jon Hendri di Kantor Camat Silungkang, Rabu (12/10/22)

Peserta pembinaan dan pelatihan Satlinmas di Kecamatan Silungkang, berjumlah 50 orang, yang merupakan utusan sebanyak sepuluh orang/desa.

“Untuk jumlah seluruh Satlinmas di Kota Sawahlunto, ada 370 orang karena disetiap desa/kelurahan terdapat sepuluh orang Linmas. Sekarang kita membantu melaksanakan pendataan seluruh Satlinmas ini untuk didaftarkan pada Sistem Informasi Manajemen Satlinmas (SIM Linmas). Sehingga Satlinmas Sawahlunto tercatat masuk dalam database nasional. Berbagai kegiatan mereka, nantinya dapat direkap secara digital/online,” ungkap Jon Hendri.

Sementara itu, bagi Satlinmas di Kota Sawahlunto yang telah mengabdi selama lebih dari sepuluh tahun, pihaknya sedang menyiapkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

Wali kota (Wako) Sawahlunto., Deri Asta, SH yang hadir secara langsung dan membuka kegiatan pembinaan dan pelatihan Satlinmas di Kecamatan Silungkang ini menyampaikan rasa terima kasihnya atas kontribusi Satlinmas Kota Sawahlunto selama ini.

“Faktor kesiapsiagaan, menjadi salah satu kunci bagi Satlinmas dalam keberhasilannya menjalankan tugas. Karenanya, dalam pembinaan dan pelatihan seperti ini, akan dilatih dengan penguatan soal kesiapsiagaan Linmas,” urai Deri Asta.

Pemko Sawahlunto, tetap berkomitmen dan mendukung Satlinmas melalui berbagai hal. Salah satunya, melalui pembinaan, pelatihan serta mendampingi dan memfasilitasi pendaftaran untuk SIM Linmas.

“Melalui pemerintah desa dan kelurahan, juga memberikan perhatian kepada Satlinmas dengan memberikan honor. Semoga dengan dukungan ini, dapat  membantu para Linmas serta memotivasinya untuk lebih profesional,” ujar Deri Asta.

Hal ini mengingat, karena tidak lama lagi akan ada Pemilihan Umum (Pemilu). Biasanya, hal ini menjadi salah satu sumber kerawanan ketertiban dan keamanan. Satlinmas harus antisipatif sesegera mungkin dengan melakukan berbagai langkah antisipatif serta berbagai persiapan, menyambut momen pemilu.

Lebih jauh, Deri Asta mengatakan, dalam melakukan tugas laksanakanlah melalui berbagai pendekatan, dan lakukan secara humanis.

“Artinya, hindari konflik fisik. Jika sudah tidak bisa tertangani atau beresiko akan terjadi  konflik fisik maka segera berkordinasi dengan aparat yang  berwenang, seperti Babinkamtibmas atau Babinsa,” pungkas Deri Asta sambil mengakhiri.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *