Upaya Pencegahan Stunting, Pemko Sawahlunto Berikan Tablet Tambah Darah Kepada Remaja Putri


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Salah satu upaya dalam mencegah terjadinya stunting (gagal tumbuh karena kurang gizi), Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto memberikan Tablet Tambah Darah (TTD) kepada remaja putri di MTsN 02 Sawahlunto, Rabu pagi (26/10/22).

Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto., Zohirin Sayuti mengatakan, bahwa pencegahan stunting termasuk ke dalam salah satu prioritas utama Pemko Sawahlunto dalam menyiapkan generasi penerus yang sehat dan kuat.

“Ada berbagai program yang dilaksanakan dalam pencegahan maupun penanganan stunting. Selain pemberian tablet penambah darah, juga ada program inovasi lain seperti rumah gizi, Tim Pendamping Keluarga (TPK),” ucap Zohirin.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB (Dinkesdalduk-KB) Kota Sawahlunto., Yasril dalam laporannya mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan pemberian tablet penambah darah ini, dilakukan secara bertahap di Kota Sawahlunto.

“Hal ini, masuk ke dalam Gerakan Nasional Aksi Bergizi. Tujuan memberikan tablet penambah darah kepada remaja putri agar mereka terhindar dari resiko kurang darah atau anemia,” ungkap Yasril.

Yasril menjelaskan, jika remaja putri terkena anemia, ketika mereka sudah dewasa dan melahirkan, maka resikonya sangat tinggi terhadap bayi yang dilahirkannya terkena stunting.

“Setelah pencanangan ini, melalui kordinasi dengan pihak terkait, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) akan turun ke SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang ada di Kota Sawahlunto untuk memberikan tablet penambah darah ini kepada remaja putri,” ujar Yasril.

Sementara itu, sesuai arahan dari pihak Dinkes, dalam hal ini Puskesmas Silungkang dibawah pimpinan dr Aulia Annur melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi dimaksud di SMP N 6 Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto.

Kegiatannya, diawali dengan sarapan pagi bersama dan dilanjutkan dengan makan tablet tambah darah bagi remaja putri.

Harapan kita bersama tentunya, diharapkan kepada para siswi atau pelajar putri, untuk rutin memakan tablet tambah darah agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *