Baznas Kota Sawahlunto Kembali Salurkan Bantuan Pendidikan


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Menutup tahun buku 2022, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto kembali menyalurkan bantuan pendidikan atau beasiswa tahap II sebesar total Rp.377.950.000,- kepada 480 orang penerima yang diserahkan secara langsung kepada masing-masing penerima di Masjid Agung Kota Sawahlunto, Senin (26/12/22).

Ketua Baznas Kota Sawahlunto., Edrizon Effendi mengatakan, bahwa beasiswa itu diberikan kepada mustahiq, para pelajar TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs.

“Untuk pelajar TK, kita berikan beasiswa sebesar Rp.800.000,- (delapan ratus ribu rupiah), pelajar SD mendapat Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) dan pelajar SMP diberikan Rp.750.000,- (tujuh ratus lima ribu rupiah). Pertimbangan kenapa pelajar TK diberikan beasiswa lebih besar, karena di TK tidak ada bantuan lain yang diperoleh, beda dengan di SD dan SMP, ada bantuan BOS kemudian juga ada  bantuan seragam dari Pemko Sawahlunto,” ujar Edrizon.

Proses pengajuan beasiswa dari Baznas, diajukan melalui sekolah yang bersangkutan.

“Kini kita bekerjasama dengan pihak sekolah, karena mereka yang lebih mengetahui dengan detail kondisi masing-masing anak yang mana yang berhak dan masuk kriteria sebagai Mustahiq. Jadi, silahkan jika masih ada Mustahiq yang butuh dibantu biaya pendidikan anaknya maka sampaikan kepada pihak sekolah untuk dibantu mengajukan, nanti baru tim Bqznas turun untuk melakukan verifikasi,” terang Edrizon.

Wali Kota (Wako) Sawahlunto., Deri Asta, SH yang turut menyerahkan secara simbolis beasiswa Baznas tersebut mengatakan, bahwa jumlah penerima beasiswa saat ini terus meningkat karena jumlah pengumpulan zakat dari Baznas juga bertambah.

Deri Asta menyebutkan, bahwa penerima beasiswa dari Baznas pada tahap II ini meningkat daripada tahap I yang disalurkan pada bulan Juli lalu.

“Tahap I dulu, total beasiswa-nya Rp.180.400.000,- (seratus delapan puluh ribu empat ratus rupiah) dengan penerima sebanyak 227 orang. Artinya ada peningkatan sebesar Rp.190.000,- (seratus sembilan puluh juta rupiah) lebih dan penerima bertambah sebanyak 253 orang,” jelas Deri Asta.

Deri Asta sangat mengapresiasi Baznas Kota Sawahlunto yang pada setiap tahunnya terus mengalami peningkatan jumlah pengumpulan zakat.

“Dari laporan yang diterima, tercatat pengumpulan pada tahun ini sudah melebihi target, sudah terkumpul Rp 5,3 miliar dari yang ditargetkan hanya sebesar Rp 5,1 miliar,” tutup Deri Asta.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *