Sawahlunto Kerjasama Dengan Tanah Datar, Untuk Meningkatkan Budidaya dan Pemasaran Komoditi Pangan dan Perikanan

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Pemko Sawahlunto dan Pemkab Tanah Datar pada Kamis kemaren (4/5), melakukan perjanjian kerjasama.

Kerjasama dilakukan, dalam pendampingan untuk pengembangan budidaya serta pemasaran komoditi pangan dan perikanan.

Perjanjian kerjasama tersebut  ditandatanganilangsung oleh Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH dan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, di Balaikota Sawahlunto.

Wako Sawahlunto menyampaikan bahwa, tujuan dari kerjasama ini untuk meningkatkan kewenangan maupun program kerja, khususnya dalam bidang pangan dan perikanan.

“Selama ini, pasokan kebutuhan komoditi pertanian di Sawahlunto memang didatangkan dari daerah tetangga, termasuk Tanah Datar. Sekarang, kerja sama ini hadir untuk memberikan kita keleluasaan dalam melakukan berbagai hal, agar lebih baik dalam mengelola komoditi pertanian antar daerah,” ungkap Wako Deri Asta.

Selain bidang pertanian, menurut Wako Deri Asta, juga untuk memaksimalkan potensi wisata dan hal ini harus ada kerjasama antara beberapa daerah, terutama yang jaraknya berdekatan.

“Potensi wisata di Kota Sawahlunto cukup banyak, begitu juga Tanah Datar. Namun, kendala saat ini adalah akses jalan yang menghubungkan kedua daerah ini, belum atau tidak mendukung, karena banyaknya jalan yang rusak, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto, enggan untuk ke Tanah Datar dan begitupun sebaliknya. Salah satu hal yang bisa kita kerjasamakan ke depannya, adalah usaha untuk memajukan bidang pariwisata kedua daerah,” ujar Wako Sawahlunto.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan bahwa sektor pertanian adalah sektor andalan Tanah Datar, di dalam menangani inflasi daerah dengan memanfaatkan potensi di sektor pertanian. Berupa peningkatan produksi dan hilirisasi bawang merah dan cabe merah, membawa Tanah Datar menjadi TPID berprestasi di wilayah Sumatera tahun 2021, pada ajang TPID award 2022 beberapa waktu lalu. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *