Peringati Hari Lahir Pancasila, Kader SABANA PKK Kota Pariaman Jadi Pionir dan Ajak Warga Kibarkan Bendera Merah Putih

Kota Pariaman _ Pasca dikukuhkan Bulan Mei lalu secara simbolik oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Kader Sadar Bela Negara (SABANA) PKK Kota Pariaman yang tersebar di setiap Desa/Kelurahan telah menjadi pionir untuk mengibarkan bendera merah putih di setiap rumah penduduk, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 (1/6/2023).

Tidak hanya di rumah masing-masing, Kader SABANA PKK bersama elemen masyarakat juga turun langsung menyambangi rumah-rumah warga untuk mengajak dan membantu warga mengibarkan bendera merah putih. Bahkan, dibeberapa Desa, Kader SABANA PKK juga berperan aktif berkoordinasi dengan Pemerintah Desa untuk mengumumkan himbauan pemasangan bendera merah putih kepada warga melalui pengeras suara di mesjid/mushala, serta mereka juga turut andil mengibarkan bendera merah putih di Kantor Kepala Desa.

Kegiatan ini merupakan bagian salah satu tugas dan wujud tindakan nyata dari kader SABANA PKK dalam mengamalkan dan menumbuhkan nilai-nilai bela negara dengan mengobarkan dan menanamkan semangat/kesadaran kebangsaan serta rasa cinta tanah air di tengah-tengah kehidupan keluarga dan masyarakat melalui pengibaran bendera merah putih dalam mementum bersejarah Hari Lahir Pancasila.

Sebagaimana diketahui, pembentukan kader SABANA PKK merupakan salah satu program inovasi Kantor Kesbangpol Kota Pariaman yang bekerjasama dengan TP-PKK Kota Pariaman dalam membantu pemerintah untuk menyelenggarakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) secara lebih luas dan efektif.

“Melalui partisipasi aktif kader-kader PKK (Pokja I) sebagai penggerak utama guna menumbuhkembangkan nilai-nilai bela negara melalui keteladanan, penanaman nilai-nilai, dan pemberdayaan mulai dari lingkungan keluarga hingga masyarakat di setiap kelurahan/desa di Kota Pariaman,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *