Akhiri Demo Di Kantor Bupati,Korban Gempa Talamau Sampaikan Testimoni

Pasaman Barat ||KabarDaerah.com-Gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang melanda Kecamatan Talamau pada 25 Februari 2022 lalu sempat menimbulkan polemik ditengah masyarakat Pasaman Barat.Pasalnya realisasi pembangunan hunian korban gempa belum sepenuhnya terlaksana.Hal tersebut menyebabkan sekelompok masyarakat yang menamakan dirinya “Masyarakat Korban Gempa Pasaman Barat” melakukan orasi di depan kantor Bupati Pasaman Barat sejak tanggal 5 September 2023.Aksi tersebut akhirnya ditutup setelah Pemerintah Daerah Pasaman Barat berjanji mempercepat proses verifikasi rumah terdampak gempa.
Massendi selaku Koordinator Lapangan dari Masyarakat Korban Gempa Pasaman Barat menyampaikan testimoni yang dikirim ke Media pada Selasa Pagi 3/10/2023.
Dalam testimoni tersebut  Massendi menyampaikan ucapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberi kekuatan dan petunjuk pada masyarakat korban gempa dalam menyalurkan aspirasi mereka secara langsung kepada Pemerintah Daerah Pasaman Barat.Ia juga berharap anggaran rehabilitasi hunian yang telah di salurkan oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah Pasaman Barat melalui BNPB(Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Pasaman Barat senilai 50 juta /unit rumah segera di realisasikan.
“Unjuk rasa ini terpaksa kita lakukan karena tidak ada lagi jalan keluar untuk membangun rumah kita yang telah hancur tertimpa musibah gempa bumi yang melanda negeri kita” Imbuhnya.
Massendi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah peduli atas aksinya bersama kawan kawannya korban gempa.Berikut kutipan lengkap testimoni Koordinator Lapangan Masyarakat Korban Gempa Pasaman Barat yang dikutip dari laman shootlinenews.com

“Pada hari ini Jum’at, tanggal 29 september 2023 satu bulan penuh kami telah menyampaikan aspirasi dan menundukkan hati dan pikiran untuk mendapatkan perhatian dan balas harapan, dan pada hari ini kami akhiri perjuangan ini, untuk istirahat sejenak sambil menuggu janji yang telah terucapkan oleh para pemegang keputusan diranah tuah basamo bumi Pasaman Barat yang kami cintai ini, untuk itu izinkanlah kami dalam hati yang terdalam mengucapkan terimaksih yang seluas-luasnya kepada yth :

1. Bapak kepolisian Republik Indonesia resort Kabupaten Pasaman Barat yang telah memberikan rasa aman mengawal dan mengawasi disetiap perjalanan kami selama berada di kantor Bupati Kabupaten Pasaman Barat dan terkadang bapak Kepolisian juga menjenguk dan menyapa kami di lokasi penampungan dijalan trotoar Soekarno Hatta Pasaman Barat, semua pelayan yang telah bapak berikan kepada kami sungguh sangat menyentuh hati dan perasaan kami. Semoga semua usaha dan pengorbanan bapak dibalas Tuhan yang maha Esa dengan pahala yang berlipat ganda,

2. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada Bpk dan Ibuk Satpol pp yang selalu hadir dan mengikuti segala kegiatan yang kami lakukan, tanggung jawab dan tugas yang bapak emban telah memberikan pelayanan terbaik buat kami, terimakasih bapak ibuk semoga sukses selalu.

3. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada pengurus DPD BAPERA Kabupaten Pasaman Barat yang telah memberikan pelayanan dapat berteduh di kantor bapak untuk melindungi tubuh kami beserta anak-anak kami dari rasa dingin memecah di keheningan malam dan hujan ketika itu kami harus terusir dari ruko yang terbengkalai tempat kami menumpang menunggu siang setiap pagi untuk terus melanjutkan kegiatan untuk dapat bertemu dengan bapak bupati Pasaman Barat dan menyampaikan keluh kesah yang sedang kami hadapi.
Semoga semua ke ikhlasan yang bapak berikan dibalas dengan yang setimpal oleh Allah SWT, kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama kami berada di kantor bpk ada yang kurang berkenan dan membuat kegiatan bpk terganggu, semua yang bapak berikan akan selalu kami kenang.

4. Ucapan terimakasih yang mendalam, juga kami sampaikan kepada tokoh masyarakat, ninik mamak, para ulama, dermawan, dan warga masyarakat yang telah memberikan rasa empati yang sangat besar kepada kami, selama satu bulan penuh kami berada dipenampungan dan setiap hari kerja kami menyampaikan tuntutan dan aspirasi kepada bapak bupati.

Bapak dan ibuk telah banyak membantu kami berupa sumbangan uang, beras, kelapa, sayur, lauk pauk dan makanan lainnya sehingga kami dapat bertahan satu bulan penuh untuk berharap agar pemerintah daerah Pasaman barat agar dapat segera mencairkan uang bantuan gempa bumi yang telah menjadi hak kami, semoga segala keikhlasan yang telah di berikan oleh masyarakat Pasaman barat,semoga menjadi ladang amal ibadah, dan berkah bagi Bapak dan Ibu beserta keluarga , Aamiin.

5. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati Pasaman barat yang juga telah memberikan izin kepada kami untuk dapat kami menggunakan teras kantor bapak,untuk dapat kami gunakan menyampaikan aspirasi dan keluhan kami, dan teras kantor bapak yang bersih terbuat dari keramik yang bagus itu juga kami pergunakan untuk memasak, makan, sholat, berorasi dan menagis sambil menunggu kehadiran Bapak Bupati distiap pagi hingga petang, berganti jam dan waktu, bertukar hari dan malam, kami terus bertahan hanya untuk bertemu dengan Bapak, selama 30 hari kami duduk bersimpuh dan mengharapkan kehadiran bapak untuk dapat mendengarkan keluh kesah kami, begitu sangat sulit kami menemui Bapak, mungkin bapak lagi sibuk di luar kota sedang berjuang untuk kami, kami berdoa semoga perjalanan bapak tetap dalam lindungan-Nya dan berkah buat keluarga bapak,

6. Ucapan terimaksih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati atas dapat kami menggunakan pelataran parkir Bapak, sebagai tempat menunggu Bapak walaupun kami harus bertahan ditengah teriknya panas matahari dan melawan dinginnya air hujan yang terkadang membasahi badan dan tubuh kami, namun Karena besarnya harapan kami untuk dapat bertemu dengan bapak kami tetap bertahan dan menunggu untuk mendapatkan kepastian kapan waktu pencairan bantuan korban gempa Talamau Pasaman barat yang telah menjadi hak kami,

7. Ucapan terimaksih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati pasaman barat, yang telah membentuk tim TFL dan Tim Teknis serta menegaskan percepatan verifikasi ulang terhadap penerimaan bantuan korban gempa Talamau Pasaman barat, Alhamdulillah percepatan pencairan itu telah di mulai, sehingga rasa lega hati kami dan berharap ntuk terwujudnya keinginan kami rasanya akan kami dapatkan dengan segera, harapan ini akan selalu kami tunggu.

8. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati Pasaman barat atas pelayanan dialog yang bapak berikan walaupun 2 jam dari 30 hari lebih kami menunggu kehadiran bapak, kami tetap bersabar dan bertahan walaupun bpk tidak sempat datang dan bertanya keadaan anak-anak dan keluarga kami yang berada ditempat posko penampungan, walaupun pelayanan kesehatan tidak kami dapatkan, kami tetap berprasaangka baik mungkin bapak lagi sibuk memperjuangkan nasib kami,

9. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Pasaman barat,semoga semua bantuan dan hak korban gempa Pasaman Barat yang tersebar di Kecamatan Talamau ,Kecamatan Pasaman, Kecamatan Kinali dan lainya dapat segera direalisasikan sesuai dengan peraturan perundangan- undangan yang berlaku.
Semua pelayanan yang telah Bapak berikan kepada kami, semoga amal ibadah bagi Bapak Bupati dengan dilipat gandakan oleh Allah SWT,

10. Ucapan terimaksih juga kami sampaikan kepada Bapak Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasaman barat,yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga percepatan pencairan sudah ada kemajuannya, yang sebelumnya stak nan atau terhenti sekarang sudah mulai bergerak, pekerjaan rembesmen swakelola mandiri yang terbengkalai sudah ada pencairan dan pelunasan, pekerjaan aplikator mudah-mudahan dapat berjalan dengan semestinya, dan pekerjaan rembesmen uang langsung ke masyarakat semoga segera cair, tentu setelah selesai semua RAB yang sedang berproses oleh tim teknis yang telah di terbentuk, sungguh besar harapan kami semoga proses ini tidak ada lagi perubahan yang mengakibatkan terjadinya perlambatan pencairan seperti waktu yang telah lalu, namun walaupun proses pencairan ini terkesan sangat lambat tetapi harapan tetap kami gantungkan pada Bapak kalaksa BPBD dan jajaranya.

11. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada awak media, baik cetak maupun elektronik yang telah banyak membantu kami untuk menyiarkan baik secara langsung maupun tidak langsung, besarnya bantuan dari Bapak dan Ibuk para wartawan baik cetak maupun elektronik termasuk media online, telah membuat perjuangan kami ini.
Sungguh lebih sangat berarti, sehingga percepatan pencairan dana bantuan korban gempa talamau pasaman barat dapat terlihat nyata oleh masyarakat, walaupun prosesnya jauh dari yang kita harapkan namun minimal pemerintahan daerah sudah mulai serius dan bekerja untuk penyelesaian bantuan korban gempa ini.
Namun kami juga masih megharapkan bantuan dari Bapak dan Ibu para wartawan dan insan pers tidak berhenti sampai disini, namun mari kita kawal proses ini sampai semua hak masyarakat korban gempa Talamau Pasaman barat tersalurkan semuanya sesuai dengan peraturan perundangan- undangan yang berlaku.

kepada seluruh bantuan yang telah Bapak berikan kami yang scara tulus dan ikhlas membuat berita yang menghabiskan waktu dan fikiran, semoga Allah SWT membalasnya dengan setimpal dan bapak selalu sukses dalam mengemban tugas jurnalistik yang bapak emban, Aamiin,

12. Kepada anak-anak kami mahasiswa dan masyarakat lainnya yang juga punya andil besar yang telah membantu secara langsung di lapangan maupun dengan doa, kami ucapkan ribuan terimaksih yang tak terhingga, perjuangan kita ini belum berakhir sampai disini.
Sehingga semua hak korban gempa sampai tersalurkan dengan semestinya, mari bersama kita mengawal proses yang sedang berjalan, jika proses ini mandet lagi di tengah jalan mari kita kembali bermohon kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat untuk bersama-sama kembali menyampaikan unjuk rasa damai tahap ke-2 pada waktu dan tempat yang sama atau berbeda,

Demikianlah Testimoni Masyarakat Korban Gempa ini Kami tuliskan sehingga hasil perjuangan bersama ini akan menjadi pelecut hati untuk terus bergerak dan berjuang bersama.
Wassalam Masendi dkk korban gempa Pasbar.(TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *