Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Bersama Bupati Pasbar H.Yulianto meninjau Pertenakan Sapi Air Runding

PASBAR,KABARDAERAH – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno didampingi oleh Bupati Kabupaten Pasaman Barat H. Yulianto beserta Forkopimda meninjau Pasar, Mesjid serta UPT peternakan sapi yang berada di Air Runding Kecamatan Parit Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (16/6/2020).

Kunjungan tersebut turut di hadiri Wakapolres, Kajari, Asisten III, serta Kepala OPD serta rombongan Gubernur peninjauan penerapan new normal yakni di Pasar Sungai Aur serta Masjid Raya Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang dan perternakan sapi di Air Runding Kecamatan Parit Koto Balingka.

Menurut penilaian Gubernur Sumbar Irwan Prayitno penerapan new normal di Kabupaten Pasaman Barat sudah berjalan dengan baik dengan kesadaran yang cukup tinggi serta terus terapkan diri dengan membiasakan diri pakai masker baik beraktivitas keluar rumah, seperti ke pasar ini, setelah kita amati di pasar pedagang dan pembeli sudah memiliki kesadaran menggunakan masker namun masih ada beberapa orang.

“Disampaikan, perlunya kesadaran masyarakat di Pasar ini tetap jaga kewaspadaan diri dan sekarang perekonomian sudah mulai kembali normal tapi tetap kesadaran protokol COVID-19 selalu di indahkan karena wabah COVID-19 masih ada. Setelah kita lihat penggunaan masker sudah berjalan baik dan masih ada beberapa orang, semenjak memasuki new normal dan zona hijau memang terlihat longgar, namun jangan sampai terlena, tetap patuhi aturan pencegahan COVID- 19,” jelas Irwan Prayitno.

Sedangkan penerapan new normal di tempat ibadah yakni tempat berwudhu, sajadah di bawa sendiri.

Sementara itu, di UPT Peternakan Air Runding Nagari Parik Koto Balingka rombongan melihat ternak sapi yang berjumlah 370 ekor tempat perkembangbiakan sapi lokal. Namun, jumlah tersebut sebenarnya belum mencukupi kebutuhan sapi yang ada di Sumbar.

“Ini tempat perkembangbiakan sapi yang berjumlah 370 lebih, sapi yang di pelihara dua jenis sapi pesisir dan sapi bali, walaupun Ada beberapa ekor yang mati, namun kita berharap peternakan ini akan berjalan lebih baik kedepannya,” ungkap Irwan Prayitno.

Bupati Pasbar Yulianto menilai penerapan new normal sudah berjalan dengan baik. Namun, masyarakat di minta tetap mendengarkan dan patuhi himbaun pemerintah dalam pencegahan COVID-19.

Seperti kita lihat tadi di pasar dan masjid, penerapan new normal sudah berjalan dengan baik, masyarakat sudah beransur memahami apa itu new normal.

Harapan kita juga, bagaimana pertenakan sapi ini bisa berkembang biak sesuai ke inginan kita karena ini suatu program pemerintah bagaimana mencukupi kebutuhan sapi yang ada di Sumbar maupun Pasbar, ” tandas yulianto saat beri keterangan awak media.

(SUWAHYU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *